BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bawah
lima tahun atau sering disingkat Balita merupakan salah satu periode usia
manusia setelah bayi sebelum anak awal. Rentang usia balita dimulai dari usia
tiga sampai lima tahun. Periode usia ini disebut juga sebagai usia prasekolah.
Pada
masa usia balita, ia mulai belajar berinteraksi dengan lingkungan sosial diluar
keluarga, pada awal masa balita, bermain bersama-sama berada pada suatu tempat
yang sebaya, namun tidak bersama-sama dalam satu permainan yang interaktif.
Pada akhir masa balita, bermain bersama berarti melakukan kegiatan bersama-sama
dengan melibatkan aturan permainan dan pembagian peran.
Balita
mulai memahami dirinya sebagai individu yang memiliki atribut tertentu seperti
nama, jenis kelamin, mulai merasa berbeda dengan orang lain dilingkungannya.
Mekanisme perkembangan Ego yang drastis untuk membedakan dirinya dengan
individu lain ditandai oleh kepemilikan yang tinggi terhadap barang pribadi
maupun orang terdekatnya sehingga pada usia ini balita sulit untuk dapat
berbagi dengan orang lain.
Anak
usia dibawah 5 tahun (balita) adalah masa yang rentan dalam perkembangan
bahasanya, mengapa demikian? Karena anak usia 2-5 tahun (balita) mudah
menghafal bahasa yang berasal dari luar lingkungannya. Dengan hanya mendengarkannya
saja anak itu langsung menghafal kata-kata yang dia anggap baru dan tidak
pernah didengar sebelumnya, padahal belum tentu kalimat yang dia dapatkan
adalah kalimat yang sopan, perlu adanya pengawasan ekstra dari keluarga
khususnya orang tua agar anak dapat diawasi perkembangan kosakatanya.
Pengamatan
ini memusatkan pada berapa banyak kosakata yang anak peroleh, apa saja kata
atau kalimat yang di dapatkan, serta apa itu pengertian hemisfer juga perbedaan
antara hemisfer kiri dan kanan.
B.
Rumusan
Masalah
Dari latar belakang di
atas ditemukan beberapa masalah
1.
Berapa Banyak Penguasaan
B1 dan B2 pada anak?
2.
Apa itu Hemisfer?
3.
Apakah ada Perbedaan
antara Hemisfer kiri dan kanan?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui Penguasaan
B1 dan B2 pada anak
2.
Mengetahui apa itu Hemisfer
3.
Mengetahui Perbedaan
antara hemisfer kiri dan kanan
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pemerolehan
B1 dan B2
Sebagai
alat komunikasi manusia bahasa adalah suatu sistem yang bersifat sistematis dan
sekaligus sistemis. Yang dimaksud dengan sistemis adalah bahwa bahasa itu bukan
suatu sistem tunggal, melainkan terdiri pula dari subsistem, yaitu subsistem
fonologi, subsistem morfologi, subsistem sintaksis, dan subsistem semantik.
Secara umum pemerolehan bahasa terbagi menjadi dua, yaitu:
1) B1
(Bahasa Orang Tua) B1 merupakan bahasa pertama yang ia kenal setelah
pertumbuhan sang anak biasanya B1 didapat dalam keluarganya yaitu orang tua
atau kakanya, B1 juga merupakan hal penting pertumbuhan seorang anak kedepannya
yang menentukan anak tersebut akan aktif atau pasif.
2) B2
(Lingkungan) B2 merupakan faktor eksternal diperolehnya suatu bahasa seorang
anak biasanya didapat dari teman, tetangga, saudara atau lingkungan diluar
rumahnya. B2 juga yang membuat anak menjadi seseorang yang mempunyai jiwa
sosialisme yang tinggi terhadap lingkungannya sehingga kedepannya anak dapat
menjadi anak yang aktif dan tidak pemalu.
ANALISIS BAHASA ANAK
Nama : Azmi Nuril Musafa
Usia : 2 tahun 8 bulan
Pengamat : Hindra Setiawan
1)
Tanggal 26 Mei 2014
A. B1
yang didapat:
1. Mbah
2. Ibu
3. bapa
4. Aa’
zaki
5. Teteh
caca
6. A’
deon
7. Ka
ima
8. Papah
9. Mamah
10. Uwa
heti
11. Uwa
endang
12. A’
ebi
13. Tio
B. B2
yang di dapat:
1. Itu
apa berantem gitu?
2. Ini
selimut siapa?
3. Yang
mana sih?
4. Mamih
ami kakinya ilang kok?
5. Yang
itu kecil ya?
6. Ada
lagi ga?
7. Apa
itu?
8. Cuma
dua doang?
9. Itu
idup lagi ga?
10. Ko
dia ko ga ada giginya?
11. Yang
ini ko ga ada matanya?
12. Yang
warna merah?
13. Itu
jadi item apa engga?
14. Itu
monster pasir?
15. Itu
jadi jahat yang item giginya?
16. Ga
mau dianterin sama ibu, maunya sama mamih!
17. Gede
banget!
18. Yang
ini mah ada!
19. Awas
ga keliatan!
20. Itu
ibu!
21. Ininya
nih!
22. Ultramen,
spidermen, doraemon, monster, spongbob,
23. Ami
mau pulang bu.
2)
Tanggal 27 Mei 2014
A. B1
yang didapat:
1.
Azmi makan nasi
2.
Ini telor dadar
3.
Sama ikan asin
4.
Enak banget
5.
Azmi makan dulu ya
a’deon
6.
Baru maen abis mandi.
B. B2
yang didapat:
1.
Itu emang galak
kucingnya?
2.
Itu ko matanya gede
banget?
3.
Bulunya ko rontok?
4.
Kamu udah mamam puss?
(Kamu udah makan puss/kucing?)
5.
Empussnya ko diem bae?
6.
Emang empussnya ga ada
ibunya?
7.
Ini ko berantem
empussnya?
8.
Emang kenapa dia
berantem?
9.
Masa empussnya ngegigit
10. Ini
pohon apa a’deon?
11. Emang
kalo udah gede ada buahnya?
12. Ih
a’deon masa ada bunga!
13. Bunganya
wangi banget!
14. A’deon
ami mau pipis!
15. Ih
masa kucingnya ikut-ikutan!
16. Awas
empus ami mau pipis!
17. Banyak
banget bunganya!
18. Itukan
rumah empus apa bukan?
19. Itu
rumah bebek ya?
20. Masa
bebeknya bunyi wik,wik,wik, gitu masa!
21. Bebeknya
masa mandinya disitu si, itu kan kotor ya a’deon?
22. Itu
ko bunyi hape a’deon?
23. Ada
mesmesmes ya? (ada SMS ya?)
24. Ih
banyak nyamuk a’deon!
25. Ada
Bebek, kucing, anak kucing
26. ciatt
berubah menjadi ultramen cosmos ciat,ciat,ciahh...
27. a’deon
liat nih ami berubah jadi ultramen cosmos
28. udah
ah ami mau pulang banyak nyamuk
29. anterin
a’deon.
3)
Tanggal 28 Mei 2014
A. B1
yang didapat:
1. Ini
anduk baru ami a’deon
2. Belinya
jauh di bogor
3. Aa
zaki juga punya tapi gambarnya beda
4. Harganya
50 ribu
5. Azmi
mandi dulu ya
B. B2
yang didapat:
1. Ibu
ami mau mandi!
2. Ami
pake sampo bi en bi kis dong! (B&B kids)
3. Mmh..
wangi!
4. Ami
mah mandinya pake aer anget dong!
5. Sini
deh a’deon, ami kan bedaknya kan baru dong a’deon
6. Ami
mah pake baju meyah (Merah) aja ah
7. A’deon
pulang apa engga?
8. A’deon
sendalnya gede banget?
9. Ami
mah kecil sendalnya!
10. A’deon
kita maen ama luna yuk?
11. Emang
lunanya belum keluar ya a’deon anaknya?
12. Entar-entar
kalo udah gede ami mau namain loli ah kelincinya
13. Entar
ami bagi ya kelincinya
14. Emang
luna lagi bobo (tidur) iya?
15. Luna
udah mandi apa belom?
16. Dimandiin
ama siapa?
17. Mandi
sendiri?
18. Dimandiinnya
sama a’deon?
19. Emang
luna nanti kalo punya anak, anaknya ada berapa a’deon?
20. Banyak
banget ada sepuluh a’deon
21. Ada
seratus aja anaknya biar banyak, ampe sejuta
22. Ami
mah entar mandinya ama kelinci kalo anaknya ada serumah
23. A’deon
liat kelincinya ga jadi?
24. Emang
dia lagi tidur? Ga mau digangguin ya?
25. Ih,
tio belom mandi ami mah udah dong!
26. Ih
kan kalo ga mandi bau ya a’deon?
27. Kuman
itu apa?
28. Emang
kuman jahat apa engga a’deon?
29. Jahat
banget emang?
30. Entar
jadi gatel emang?
31. Tio
mandi dulu, entar maen lagi kalo tio udah mandi.
4)
Tanggal 29 Mei 2014
A. B1
yang didapat:
1. Ini
kunci
2. Kunci
pintu rumah ami ya bu?
3. Kuncinya
gambar bunga
B. B2
yang didapat:
1. Bapa
tio beli es lagi!
2. Belinya
banyak banget masa pa!
3. Ami
minta dong esnya tio?
4. Tio
mah pelit!
5. Yang
warna kuning aja!
6. Ga
mau ah yang itumah!
7. Ami
maunya yang warna kuning tio!
8. Yaudah
jangan temenin tio ah!
9. Yee,
A’deon ami makan es dong!
10. A’deon
mau ga?
11. Minta
aja ama tio!
12. Jangan
nanti es ami abis!
13. A’deon
minta aja ama tio!
14. A’deon
ami kan gambar burung ni, a’deon liat deh, tuh kan bagus kan?
15. Ibu
ami mau minum
16. Ibu
ami maunya teh manis
17. A’deon
ami punya pantun dong
18. A’deon
mangga ami kecebur, a’deon ketawa ami kecebur
19. Ibu
yang warna merahnya mana bu, ini kerayonnya ko ga ada si bu?
20. A’deon
lagi ngapain itu?
21. Lagi
nulis iya?
22. Nulis
apa itu?
23. Emang
nulisnya banyak iya?
24. Ko
ga selesai dari tadi nulisnya?
25. Emang
buat apa a’deon nullisnya, buat di sekolah itu emang?
26. Pr
itu apa?
27. Pererjaan
rumah (pekerjaan rumah)
28. Ciaat,
ciah, ciah, ciah
29. Tio
ami tembak pake senjata leser ciat dor, dor, dor, dor,dor!
30. Aa
mah dorong ami mulu!
31. Yaudah ah udahan maennya ami mau maen aja ma
a’deon mau liat lun
32. Tio
ama aa ga diajak wee...
2.
Definisi
Hemisfer
Hemisfer
atau belahan otak adalah
dua sisi simetris yang membagi otak besar.
Pada kebanyakan orang, hemisfer kiri adalah khusus untuk berbicara, menulis,
dan berpikir; hemisfer kanan adalah khusus untuk kemampuan spasial dan
pengenalan pola.
Perbedaan
Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia
Otak
manusia adalah struktur lunak yang dilindungi oleh cangkang berupa tengkorak. Berdasarkan
letaknya secara simetris, otak dibagi menjadi otak kanan (hemisfer kanan) dan
otak kiri (hemisfer kiri). Otak merupakan bagian sentral dari fungsi dasar
vital pada manusia. Kerusakan pada otak, akan sangat mengganggu aktivitas bagi
penderitanya. Otak, merupakan pusat memory, kognitif, emosi, dan semua jenis
perasaan dan kognisi. Kualitas otaklah yang membedakan kualitas individu itu
sendiri. Walaupun otak merupakan satu kesatuan yang menyatu, tetapi dapat
dibagi menjadi otak kanan dan otak kiri yang mempunyai cara kerja dan fungsi
yang berbeda.
Perbedaan
teori fungsi otak kanan dan otak kiri telah populer sejak tahun 1960. Seorang
peneliti bernama Roger Sperry menemukan bahwa otak manusia terdiri dari 2
hemisfer (bagian) , yaitu otak kanan dan otak kiri yang mempunyai fungsi yang
berbeda. Atas jasanya ini beliau mendapat hadiah Nobel pada tahun 1981. Selain
itu dia juga menemukan bahwa pada saat otak kanan sedang bekerja maka otak kiri
cenderung lebih tenang, demikian pula sebaliknya. Pembagian otak kanan dan otak
kiri ini berada dalam posisi frontal (menghadap kedepan), bukan bagian
belakang, karena posisi anatomis tubuh adalah menghadap kedepan, bukan
membelakangi.
1.
Fungsi Otak Kanan
Otak
kanan adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal).
Fungsi otak kanan adalah sebagai berikut:
a) Perkembangan emosi (emotional
quotient (EQ))
b) Hubungan antar manusia (sosialisasi)
c) Fungsi Komunikasi (perkembangan
bahasa non verbal)
d) Perkembangan intuitif Seni (menari,
melukis, menyanyi dan lain-lain)
e) Mengandalikan ekspresi manusia
f) Pusat khayalan dan kreativitas
g) Berpikir lateral dan tidak
terstruktur
h) Tidak memikirkan hal-hal secara
detail
i)
Cara kerjanya long term memory (memory jangka panjang)
j)
Lebih ahli dalam menentukan ruang/tempat dan warna
Bila
terjadi kerusakan pada area otak kanan yang terganggu adalah area kemampuan
visual dan emosi
2.
Fungsi Otak Kiri
Otak
kiri adalah otak yang berada disebelah kiri dalam posisi anatomis (posisi
frontal). Fungsi otak kiri adalah sebagai berikut:
a) Perkembangan Intelegensi
(intelligence quotient (IQ))
b) Pusat perkembangan logika dan rasio
(seperti matematika)
c) Berpikir sacara sistematis
d) Bahasa verbal
e) Berpikir linear dan terstruktur
f) Berpikir analisis dan bertahap
g) Cara berpikirnya short term memory
(memory jangka pendek)
Jika
terjadi gangguan pada otak kiri, maka yang terganggu adalah fungsi berbicara,
bahasa dan matematika. Fungsi otak kanan dan otak kiri pada manusia sebenarnya
menyatu dalam satu kesatuan fungsi. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa,
jika otak kiri aktif, maka otak kanan lebih tenang, demikian pula sebaliknya.
Kerja otak kanan dan otak kiri sebenarnya saling mendukung, sebagaimana
pentingnya fungsi memory jangka pendek dan memory jangka panjang. Sehingga
tidak bisa dikatakan, otak kanan lebih bagus dari otak kiri, ataupun
sebaliknya. Walaupun, pada sebagian orang, terkadang lebih deminan menggunakan
area otak tertentu. Penggunaan dominasi area otak tertentu bagi individu, yang
kemungkinan membedakan minat dan bakatnya.
BAB III
PENUTUP
SIMPULAN:
Pada
penelitian anak usia 2 tahun 8 bulan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pada
anak usia seperti ini umumnya anak sudah bisa mengucapkan hal-hal yang baru
dengan cukup baik hampir B1 ia sudah kuasai. Namun, pada sesi mencatat sumber
yang ia lontarkan dari mulutnya kecenderungan anak ini lebih banyak
mengeluarkan kalimat pertanyaan dan pernyataan. B2 yang didapat juga cukup banyak
karena sepanjang berinteraksi anak ini cukup aktif berbicara dengan
lingkungannya termasuk saya sendiri. Jadi pemerolehan bahasa pada anak yang
saya teliti baik B1 maupun B2-nya cukup baik dan tidak ada kendala saat
berbicara.
Sementara itu, mengenai hemisfer.
Hemisfer adalah belahan otak
atau dua sisi simetris yang membagi otak
besar. Pada kebanyakan orang, hemisfer kiri
adalah khusus untuk berbicara, menulis, dan berpikir; hemisfer kanan adalah
khusus untuk kemampuan spasial dan pengenalan pola.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar