BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Batita
atau bawah tiga tahun, batita merupakan salah satu periode usia manusia saat
bayi. Rentang usia batita adalah dimulai dari nol bulan sampai tiga tahun.
Sedangkan bawah lima tahun atau sering disingkat Balita merupakan salah satu
periode usia manusia setelah bayi sebelum anak awal. Rentang usia balita
dimulai dari usia tiga sampai lima tahun. Periode usia ini disebut juga sebagai
usia prasekolah.
Pada
masa batita ini periode umur satu tahun, biasanya ia sudah bisa berdiri sendiri
tanpa berpegengan, pandai menggunakan peralatan seperti sikat gigi. Sisir, dan
memegang botol. Si buah hati juga mulai menunjuk sesuatu dengan jari
telunjuknya, bahkan si kecil juga meniru gerkan seperti bertepuk tangan. Salah
satu kemampuan sosialnya yang baru ialah melambaikan tangan selamat tinggal.
Pada
masa usia balita, ia mulai belajar berinteraksi dengan lingkungan sosial diluar
keluarga, pada awal masa balita, bermain bersama-sama berada pada suatu tempat
yang sebaya, namun tidak bersama-sama dalam satu permainan yang interaktif.
Pada akhir masa balita, bermain bersama berarti melakukan kegiatan bersama-sama
dengan melibatkan aturan permainan dan pembagian peran.
Balita
mulai memahami dirinya sebagai individu yang memiliki atribut tertentu seperti
nama, jenis kelamin, mulai merasa berbeda dengan orang lain dilingkungannya.
Mekanisme perkembangan Ego yang drastis untuk membedakan dirinya dengan
individu lain ditandai oleh kepemilikan yang tinggi terhadap barang pribadi
maupun orang terdekatnya sehingga pada usia ini balita sulit untuk dapat
berbagi dengan orang lain.
Anak
usia dibawah 5 tahun (balita) adalah masa yang rentan dalam perkembangan
bahasanya, mengapa demikian? Karena anak usia 2-5 tahun (balita) mudah
menghafal bahasa yang berasal dari luar lingkungannya. Dengan hanya
mendengarkannya saja anak itu langsung menghafal kata-kata yang dia anggap baru
dan tidak pernah didengar sebelumnya, padahal belum tentu kalimat yang dia
dapatkan adalah kalimat yang sopan, perlu adanya pengawasan ekstra dari
keluarga khususnya orang tua agar anak dapat diawasi perkembangan kosakatanya.
Pengamatan
ini memusatkan pada berapa banyak kosakata yang anak peroleh, apa saja kata
atau kalimat yang di dapatkan, berapa jumlah kalimat pertanyaan dan kalimat
pernyataan yang anak peroleh dalam lingkungannya.
2. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang di atas di temukan beberapa masalah
Berapa
banyakkah kosakata yang anak peroleh?
Berapa
banyak kalimat pertanyaan yang ia tahu?
Berapa
banyak kalimat pernyataan yang ia tahu?
3. Tujuan
Dengan mempelajari
pengamatan Balita dalam perkembangan bahasanya diharapkan mampu:
Mengetahui
jumlah kosakata balita
Mengetahui
jumlah kalimat pernyataan dan pernyataan dari balita
Mengetahui
bahasa yang didapatkan baku atau tidak
BAB II
PEMBAHASAN
Nama : Azmi Nuril Musafa
Usia : 2 tahun 8 bulan
Pengamat : Hindra Setiawan
Hari ke- : 1
Hari/Tanggal : Rabu 25-09-2013
Bahasa yang
didapat:
Itu apa berantem
gitu?
Ini selimut
siapa?
Yang mana sih?
Mamih ami
kakinya ilang kok?
Yang itu kecil
ya?
Ada lagi ga?
Apa itu?
Cuma dua doang?
Itu idup lagi
ga?
Ko dia ko ga ada
giginya?
Yang ini ko ga
ada matanya?
Yang warna
merah?
Itu jadi item
apa engga?
Itu monster
pasir?
Itu jadi jahat
yang item giginya?
Ga mau dianterin
sama ibu, maunya sama mamih!
Gede banget!
Yang ini mah
ada!
Awas ga
keliatan!
Itu ibu!
Ininya nih!
Ultramen,
spidermen, doraemon, monster, spongbob,
Ami berdarah a’deon
Mbah, aa’ zaki,
teteh caca, a’ deon, ka ima, papah, mamah, uwa heti
Marah mulu
Bobo ah ngantuk
Bau apa sih ini?
Yah bajunya
jatoh
Ami mau nginep
warna item ya?
Keluar
Tapinya ami pulang aja deh.
Hari ke- : 2
Hari/Tanggal : Sabtu 19-10-2013
Ini bapanya?
Mamih ini apa
engga?
A’ deon maen
game dong?
Itu apaan?
Itu jahat?
Kodok apa bukan?
Bawain obat azmi
ya?
Itu udang?
Namanya siapa?
Duitnya mana?
Si luna emang
udah punya anak?
Si luna ko
makannya banyak banget?
Luna mau kemana?
(Luna adalah kelinci nama binatang peliharaan saya)
Ami pilih yang
ini!
Suka yang ini!
Aa’ tuh!
Ami kentut!
Itu kan lagi di
pantai!
Aa’ ami bisa
nih!
Ini kan kecil!
Ami mah yang
merah!
Udah ah cape!
Engga panasnya
doang belom sembuh!
Ya Allah
mudah-mudahan panas ami sembuh, amin!
Minum obat dulu
dong!
Engga!
Mau ujan!
Hari ke- : 3
Hari/Tanggal : Minggu 20-10-2013
Itu emang galak
kucingnya?
Itu ko matanya
gede banget?
Bulunya ko
rontok?
Kamu udah mamam
puss? (Kamu udah makan puss/kucing?)
Empussnya ko
diem bae?
Emang empussnya
ga ada ibunya?
Ini ko berantem
empussnya?
Emang kenapa dia
berantem?
Masa empussnya
ngegigit
Ini pohon apa
a’deon?
Emang kalo udah
gede ada buahnya?
Ih a’deon masa
ada bunga!
Bunganya wangi
banget!
A’deon ami mau
pipis!
Ih masa
kucingnya ikut-ikutan!
Awas empus ami
mau pipis!
Banyak banget
bunganya!
Itukan rumah
empus apa bukan?
Itu rumah bebek
ya?
Masa bebeknya
bunyi wik,wik,wik, gitu masa!
Bebeknya masa
mandinya disitu si, itu kan kotor ya a’deon?
Itu ko bunyi
hape a’deon?
Ada mesmesmes
ya? (ada SMS ya?)
Ih banyak nyamuk
a’deon!
Hari ke- : 4
Hari/Tanggal : Senin 21-10-2013
Ibu ami mau
mandi!
Ami pake sampo
bi en bi kis dong! (B&B kids)
Mmh.. wangi!
Ami mah mandinya
pake aer anget dong!
Sini deh a’deon,
ami kan bedaknya kan baru dong a’deon
Ami mah pake
baju meyah (Merah) aja ah
A’deon pulang
apa engga?
A’deon sendalnya
gede banget?
Ami mah kecil
sendalnya!
A’deon kita maen
ama luna yuk?
Emang lunanya
belum keluar ya a’deon anaknya?
Entar-entar kalo
udah gede ami mau namain loli ah kelincinya
Entar ami bagi
ya kelincinya
Emang luna lagi
bobo (tidur) iya?
Luna udah mandi
apa belom?
Dimandiin ama
siapa?
Mandi sendiri?
Dimandiinnya
sama a’deon?
Emang luna nanti
kalo punya anak, anaknya ada berapa a’deon?
Banyak banget
ada sepuluh a’deon
Ada seratus aja
anaknya biar banyak, ampe sejuta
Ami mah entar
mandinya ama kelinci kalo anaknya ada serumah
A’deon liat kelincinya
ga jadi?
Emang dia lagi
tidur? Ga mau digangguin ya?
Ih, tio belom
mandi ami mah udah dong!
Ih kan kalo ga
mandi bau ya a’deon?
Kuman itu apa?
Emang kuman
jahat apa engga a’deon?
Jahat banget
emang?
Entar jadi gatel
emang?
Tio mandi dulu,
entar maen lagi kalo tio udah mandi.
Hari ke- : 5
Hari/Tanggal : Selasa 22-10-2013
Bapa tio beli es
lagi!
Belinya banyak
banget masa pa!
Ami minta dong
esnya tio?
Tio mah pelit!
Yang warna
kuning aja!
Ga mau ah yang
itumah!
Ami maunya yang
warna kuning tio!
Yaudah jangan
temenin tio ah!
Yee,
A’deon ami makan
es dong!
A’deon mau ga?
Minta aja ama
tio!
Jangan nanti es
ami abis!
A’deon minta aja
ama tio!
A’deon ami kan
gambar burung ni, a’deon liat deh, tuh kan bagus kan?
Ibu ami mau
minum
Ibu ami maunya
teh manis
A’deon ami punya
pantun dong
A’deon mangga
ami kecebur, a’deon ketawa ami kecebur
Ibu yang warna
merahnya mana bu, ini kerayonnya ko ga ada si bu?
A’deon lagi
ngapain itu?
Lagi nulis iya?
Nulis apa itu?
Emang nulisnya
banyak iya?
Ko ga selesai
dari tadi nulisnya?
Emang buat apa
a’deon nullisnya, buat di sekolah itu emang?
Pr itu apa?
Pererjaan rumah
(pekerjaan rumah)
Ciaat, ciah,
ciah, ciah
Tio ami tembak
pake senjata leser ciat dor, dor, dor, dor,dor!
Aa mah dorong
ami mulu!
Yaudah ah udahan
maennya ami mau maen aja ma a’deon mau liat luna, tio ama aa ga diajak wee...
Nama : Raval Rezky Aditya
Usia : 1 tahun 5 bulan
Pengamat : Hindra Setiawan
Hari ke- : 1
Hari/Tanggal : Kamis 24-10-2013
Mama
Papa
Pupu
Mamam (makan)
Cacacaca
Num
Uwah uwah (uwa /
sebutan paman dalam bahasa sunda)
Pupupu hehehe
(tertawa)
Emuh, mama emuh
(minum mama minum)
Ah, wawawa
U’ung yoyoyo
(burung beo)
Tuh, tu (itu,
‘menunjuk dengan jari’)
Wew uwew uwew
(meniru suara burung)
Noh, noh, noh
wawa
Papapap
Uweh uweh mah
weh (kue kue mah kue,’meminta kue ke mamanya’)
Hari ke- : 2
Hari/Tanggal : Jumat 25-10-2013
Mamama
Mimi (minta
susu)
Tuwahh
Nuh uwah mamah
uwah (itu buah, mamah minta buah)
Mah’ dah emmo
Caya mim beh
Nuh mah bem-bem
(itu mah motor)
Ong-ong
(odong-odong)
BAB III
PENUTUP
Simpulan
Berdasarkan
penelitian anak yang saya teliti diatas dapat disimpulkan bahwa potensi anak
dalam memiliki jumlah kosakata memang cukup banyak dan sangat cepat dalam
menghafal kata-kata yang baru saja ia ketahui namun memang tidak dapat
dipungkiri dari jumlah kosakata diatas pada anak usia 2 tahun lebih yang saya
teliti memang lebih banyak ada hampir 800 lebih jumlah kata yang diucapkan
sedangkan jumlah kosakata pada anak usia 1 tahun yang saya teliti hanya
mendapatkan jumlah kosakata sekitar 50 kata.
Dalam
menemukan jumlah kalimat memang anak usia 1 tahun yang saya teliti belum
mengerti cara bertanya seperti, apa hanya menunjukkan dengan jari saja. Namun
pada anak usia 2 tahun keatas yang saya teliti dia sangat agresif dalam hal
berbicara dia selalu ingin tahu apa yang ada di sekelilingnya dalam catatan
saya-pun lebih banyak kalimat pertanyaan dan pernyataan yang saya dapat
meskipun banyak namun, kalimat pertanyaan dan pernyataan yang ia ucapkan
terkadang masih belum jelas masih berputar-putar untuk mengucapkan suatu
kalimat.
Dalam
mendapatkan kata atau kalimat tentu saja harus ada dorongan eksternal untuk si
bayi atau anak tersebut untuk meniru ucapan yang kita lontarkan kepada sang
anak jika dilingkungannya saja sang anak tidak diberikan faktor eksternal atau
komunikasi dua arah maka dikemudian waktu anak akan menjadi seorang yang pasif
dan memiliki perkembangan pertumbuhan yang lambat oleh karna itu faktor
lingkungan dan sosial menjadi hal yang penting dalam tumbuh kembang sang buah
hati, tapi meskipun lingkungan menjadi faktor utama keberhasilan perkembangan
bahasa anak tetap saja perlu adanya pengawasan dari orang tua agar anak tahu
mana bahasa yang baik dan boleh digunakan dan mana bahasa yang jelek atau tidak
sopan agar perkembangan bahasa anak menjadi terarah.
Saran
Dalam
proses perkembangan bahasa anak hendaknya kita memberi informasi yang
sebenar-benarnya maksudnya saat anak ingin mengetahui apa yang ia lihat
jelaskanlah dengan benar misalkan “kucing” jangan dijelaskan bahwa itu adalah
“empuss” atau “burung” jangan dijelaskan bahwa itu adalah “buyung” memang
terkadang anak tidak bisa mengucapkan apa yang orang dewasa ucapkan tetapi jika
itu dibiasakan maka akan menjadi suatu kebiasaan bagi si anak itu sendiri juga
dapat mengganggu perkembangan bahasanya dan mungkin malah membuat si anak
menjadi cadel, biasakanlah untuk menjelaskan dengan sebenar-benarnya dan
koreksilah ketika dia salah mengucapkan dengan begitu si anak-pun otomatis akan
berusaha memperbaiki kesalahan pengucapannya.
DAFTAR PUSTAKA
http//id.m.wikipedia.org/wiki/special:search?search=pengertian+balita
http//m.detik.com/health/read/2012/06/30/144811/1954693/1403/bulan-ke-12-masa-pertumbuhan-batita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar