Senin, 04 November 2013

Makalah Pengamatan Bahasa Anak (teori belajar bahasa)



BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Batita atau bawah tiga tahun, batita merupakan salah satu periode usia manusia saat bayi. Rentang usia batita adalah dimulai dari nol bulan sampai tiga tahun. Sedangkan bawah lima tahun atau sering disingkat Balita merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayi sebelum anak awal. Rentang usia balita dimulai dari usia tiga sampai lima tahun. Periode usia ini disebut juga sebagai usia prasekolah.
Pada masa batita ini periode umur satu tahun, biasanya ia sudah bisa berdiri sendiri tanpa berpegengan, pandai menggunakan peralatan seperti sikat gigi. Sisir, dan memegang botol. Si buah hati juga mulai menunjuk sesuatu dengan jari telunjuknya, bahkan si kecil juga meniru gerkan seperti bertepuk tangan. Salah satu kemampuan sosialnya yang baru ialah melambaikan tangan selamat tinggal.
Pada masa usia balita, ia mulai belajar berinteraksi dengan lingkungan sosial diluar keluarga, pada awal masa balita, bermain bersama-sama berada pada suatu tempat yang sebaya, namun tidak bersama-sama dalam satu permainan yang interaktif. Pada akhir masa balita, bermain bersama berarti melakukan kegiatan bersama-sama dengan melibatkan aturan permainan dan pembagian peran.
Balita mulai memahami dirinya sebagai individu yang memiliki atribut tertentu seperti nama, jenis kelamin, mulai merasa berbeda dengan orang lain dilingkungannya. Mekanisme perkembangan Ego yang drastis untuk membedakan dirinya dengan individu lain ditandai oleh kepemilikan yang tinggi terhadap barang pribadi maupun orang terdekatnya sehingga pada usia ini balita sulit untuk dapat berbagi dengan orang lain.
Anak usia dibawah 5 tahun (balita) adalah masa yang rentan dalam perkembangan bahasanya, mengapa demikian? Karena anak usia 2-5 tahun (balita) mudah menghafal bahasa yang berasal dari luar lingkungannya. Dengan hanya mendengarkannya saja anak itu langsung menghafal kata-kata yang dia anggap baru dan tidak pernah didengar sebelumnya, padahal belum tentu kalimat yang dia dapatkan adalah kalimat yang sopan, perlu adanya pengawasan ekstra dari keluarga khususnya orang tua agar anak dapat diawasi perkembangan kosakatanya.
Pengamatan ini memusatkan pada berapa banyak kosakata yang anak peroleh, apa saja kata atau kalimat yang di dapatkan, berapa jumlah kalimat pertanyaan dan kalimat pernyataan yang anak peroleh dalam lingkungannya.

2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas di temukan beberapa masalah
Berapa banyakkah kosakata yang anak peroleh?
Berapa banyak kalimat pertanyaan yang ia tahu?
Berapa banyak kalimat pernyataan yang ia tahu?

3. Tujuan
Dengan mempelajari pengamatan Balita dalam perkembangan bahasanya diharapkan mampu:
Mengetahui jumlah kosakata balita
Mengetahui jumlah kalimat pernyataan dan pernyataan dari balita
Mengetahui bahasa yang didapatkan baku atau tidak

BAB II
PEMBAHASAN

Nama               : Azmi Nuril Musafa
Usia                 : 2 tahun 8 bulan
Pengamat        : Hindra Setiawan
Hari ke-           : 1
Hari/Tanggal   : Rabu 25-09-2013

Bahasa yang didapat:
Itu apa berantem gitu?
Ini selimut siapa?
Yang mana sih?
Mamih ami kakinya ilang kok?
Yang itu kecil ya?
Ada lagi ga?
Apa itu?
Cuma dua doang?
Itu idup lagi ga?
Ko dia ko ga ada giginya?
Yang ini ko ga ada matanya?
Yang warna merah?
Itu jadi item apa engga?
Itu monster pasir?
Itu jadi jahat yang item giginya?
Ga mau dianterin sama ibu, maunya sama mamih!
Gede banget!
Yang ini mah ada!
Awas ga keliatan!
Itu ibu!
Ininya nih!
Ultramen, spidermen, doraemon, monster, spongbob,
Ami  berdarah a’deon
Mbah, aa’ zaki, teteh caca, a’ deon, ka ima, papah, mamah, uwa heti
Marah mulu
Bobo ah ngantuk
 Bau apa sih ini?
Yah bajunya jatoh
Ami mau nginep
warna item ya?
 Keluar
 Tapinya ami pulang aja deh.

Hari ke-           : 2
Hari/Tanggal   : Sabtu 19-10-2013
Ini bapanya?
Mamih ini apa engga?
A’ deon maen game dong?
Itu apaan?
Itu jahat?
Kodok apa bukan?
Bawain obat azmi ya?
Itu udang?
Namanya siapa?
Duitnya mana?
Si luna emang udah punya anak?
Si luna ko makannya banyak banget?
Luna mau kemana? (Luna adalah kelinci nama binatang peliharaan saya)
Ami pilih yang ini!
Suka yang ini!
Aa’ tuh!
Ami kentut!
Itu kan lagi di pantai!
Aa’ ami bisa nih!
Ini kan kecil!
Ami mah yang merah!
Udah ah cape!
Engga panasnya doang belom sembuh!
Ya Allah mudah-mudahan panas ami sembuh, amin!
Minum obat dulu dong!
Engga!
Mau ujan!

Hari ke-           : 3
Hari/Tanggal   : Minggu 20-10-2013
Itu emang galak kucingnya?
Itu ko matanya gede banget?
Bulunya ko rontok?
Kamu udah mamam puss? (Kamu udah makan puss/kucing?)
Empussnya ko diem bae?
Emang empussnya ga ada ibunya?
Ini ko berantem empussnya?
Emang kenapa dia berantem?
Masa empussnya ngegigit
Ini pohon apa a’deon?
Emang kalo udah gede ada buahnya?
Ih a’deon masa ada bunga!
Bunganya wangi banget!
A’deon ami mau pipis!
Ih masa kucingnya ikut-ikutan!
Awas empus ami mau pipis!
Banyak banget bunganya!
Itukan rumah empus apa bukan?
Itu rumah bebek ya?
Masa bebeknya bunyi wik,wik,wik, gitu masa!
Bebeknya masa mandinya disitu si, itu kan kotor ya a’deon?
Itu ko bunyi hape a’deon?
Ada mesmesmes ya? (ada SMS ya?)
Ih banyak nyamuk a’deon!

Hari ke-           : 4
Hari/Tanggal   : Senin 21-10-2013
Ibu ami mau mandi!
Ami pake sampo bi en bi kis dong! (B&B kids)
Mmh.. wangi!
Ami mah mandinya pake aer anget dong!
Sini deh a’deon, ami kan bedaknya kan baru dong a’deon
Ami mah pake baju meyah (Merah) aja ah
A’deon pulang apa engga?
A’deon sendalnya gede banget?
Ami mah kecil sendalnya!
A’deon kita maen ama luna yuk?
Emang lunanya belum keluar ya a’deon anaknya?
Entar-entar kalo udah gede ami mau namain loli ah kelincinya
Entar ami bagi ya kelincinya
Emang luna lagi bobo (tidur) iya?
Luna udah mandi apa belom?
Dimandiin ama siapa?
Mandi sendiri?
Dimandiinnya sama a’deon?
Emang luna nanti kalo punya anak, anaknya ada berapa a’deon?
Banyak banget ada sepuluh a’deon
Ada seratus aja anaknya biar banyak, ampe sejuta
Ami mah entar mandinya ama kelinci kalo anaknya ada serumah
A’deon liat kelincinya ga jadi?
Emang dia lagi tidur? Ga mau digangguin ya?
Ih, tio belom mandi ami mah udah dong!
Ih kan kalo ga mandi bau ya a’deon?
Kuman itu apa?
Emang kuman jahat apa engga a’deon?
Jahat banget emang?
Entar jadi gatel emang?
Tio mandi dulu, entar maen lagi kalo tio udah mandi.

Hari ke-           : 5
Hari/Tanggal   : Selasa 22-10-2013
Bapa tio beli es lagi!
Belinya banyak banget masa pa!
Ami minta dong esnya tio?
Tio mah pelit!
Yang warna kuning aja!
Ga mau ah yang itumah!
Ami maunya yang warna kuning tio!
Yaudah jangan temenin tio ah!
Yee,
A’deon ami makan es dong!
A’deon mau ga?
Minta aja ama tio!
Jangan nanti es ami abis!
A’deon minta aja ama tio!
A’deon ami kan gambar burung ni, a’deon liat deh, tuh kan bagus kan?
Ibu ami mau minum
Ibu ami maunya teh manis
A’deon ami punya pantun dong
A’deon mangga ami kecebur, a’deon ketawa ami kecebur
Ibu yang warna merahnya mana bu, ini kerayonnya ko ga ada si bu?
A’deon lagi ngapain itu?
Lagi nulis iya?
Nulis apa itu?
Emang nulisnya banyak iya?
Ko ga selesai dari tadi nulisnya?
Emang buat apa a’deon nullisnya, buat di sekolah itu emang?
Pr itu apa?
Pererjaan rumah (pekerjaan rumah)
Ciaat, ciah, ciah, ciah
Tio ami tembak pake senjata leser ciat dor, dor, dor, dor,dor!
Aa mah dorong ami mulu!
Yaudah ah udahan maennya ami mau maen aja ma a’deon mau liat luna, tio ama aa ga diajak wee...

Nama               : Raval Rezky Aditya
Usia                 : 1 tahun 5 bulan
Pengamat        : Hindra Setiawan
Hari ke-           : 1
Hari/Tanggal   : Kamis 24-10-2013
Mama
Papa
Pupu
Mamam (makan)
Cacacaca
Num
Uwah uwah (uwa / sebutan paman dalam bahasa sunda)
Pupupu hehehe (tertawa)
Emuh, mama emuh (minum mama minum)
Ah, wawawa
U’ung yoyoyo (burung beo)
Tuh, tu (itu, ‘menunjuk dengan jari’)
Wew uwew uwew (meniru suara burung)
Noh, noh, noh wawa
Papapap
Uweh uweh mah weh (kue kue mah kue,’meminta kue ke mamanya’) 

Hari ke-           : 2
Hari/Tanggal   : Jumat 25-10-2013
Mamama
Mimi (minta susu)
Tuwahh
Nuh uwah mamah uwah (itu buah, mamah minta buah)
Mah’ dah emmo
Caya mim beh
Nuh mah bem-bem (itu mah motor)
Ong-ong (odong-odong)
BAB III
PENUTUP
Simpulan
Berdasarkan penelitian anak yang saya teliti diatas dapat disimpulkan bahwa potensi anak dalam memiliki jumlah kosakata memang cukup banyak dan sangat cepat dalam menghafal kata-kata yang baru saja ia ketahui namun memang tidak dapat dipungkiri dari jumlah kosakata diatas pada anak usia 2 tahun lebih yang saya teliti memang lebih banyak ada hampir 800 lebih jumlah kata yang diucapkan sedangkan jumlah kosakata pada anak usia 1 tahun yang saya teliti hanya mendapatkan jumlah kosakata sekitar 50 kata.
Dalam menemukan jumlah kalimat memang anak usia 1 tahun yang saya teliti belum mengerti cara bertanya seperti, apa hanya menunjukkan dengan jari saja. Namun pada anak usia 2 tahun keatas yang saya teliti dia sangat agresif dalam hal berbicara dia selalu ingin tahu apa yang ada di sekelilingnya dalam catatan saya-pun lebih banyak kalimat pertanyaan dan pernyataan yang saya dapat meskipun banyak namun, kalimat pertanyaan dan pernyataan yang ia ucapkan terkadang masih belum jelas masih berputar-putar untuk mengucapkan suatu kalimat.
Dalam mendapatkan kata atau kalimat tentu saja harus ada dorongan eksternal untuk si bayi atau anak tersebut untuk meniru ucapan yang kita lontarkan kepada sang anak jika dilingkungannya saja sang anak tidak diberikan faktor eksternal atau komunikasi dua arah maka dikemudian waktu anak akan menjadi seorang yang pasif dan memiliki perkembangan pertumbuhan yang lambat oleh karna itu faktor lingkungan dan sosial menjadi hal yang penting dalam tumbuh kembang sang buah hati, tapi meskipun lingkungan menjadi faktor utama keberhasilan perkembangan bahasa anak tetap saja perlu adanya pengawasan dari orang tua agar anak tahu mana bahasa yang baik dan boleh digunakan dan mana bahasa yang jelek atau tidak sopan agar perkembangan bahasa anak menjadi terarah.
Saran
Dalam proses perkembangan bahasa anak hendaknya kita memberi informasi yang sebenar-benarnya maksudnya saat anak ingin mengetahui apa yang ia lihat jelaskanlah dengan benar misalkan “kucing” jangan dijelaskan bahwa itu adalah “empuss” atau “burung” jangan dijelaskan bahwa itu adalah “buyung” memang terkadang anak tidak bisa mengucapkan apa yang orang dewasa ucapkan tetapi jika itu dibiasakan maka akan menjadi suatu kebiasaan bagi si anak itu sendiri juga dapat mengganggu perkembangan bahasanya dan mungkin malah membuat si anak menjadi cadel, biasakanlah untuk menjelaskan dengan sebenar-benarnya dan koreksilah ketika dia salah mengucapkan dengan begitu si anak-pun otomatis akan berusaha memperbaiki kesalahan pengucapannya.


DAFTAR PUSTAKA

http//id.m.wikipedia.org/wiki/special:search?search=pengertian+balita
http//m.detik.com/health/read/2012/06/30/144811/1954693/1403/bulan-ke-12-masa-pertumbuhan-batita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar